Peu nyan Aceh meukleh ? Berbeda atau berpisah timpal Joel kande, ini ada 2 pemahaman. Mana yang lebih cenderung? Ya…berpisah dan berbed...
Peu nyan Aceh meukleh? Berbeda atau berpisah timpal Joel kande, ini ada 2
pemahaman. Mana yang lebih cenderung? Ya…berpisah dan berbeda jawab Ayah Panton.
Tapi kalo mau ditajamkan berpisah itu bisa jadi sama karakter berpisah tempat,
tapi bisa jadi juga berbeda bentuk karakter. Itu Bahasa Indonesia sambung Ayah
Panton, meunyoe meukleh bak tanyoe diaceh adalah maseng-maseng. Jadi kaedah
aseng jih lagee ta peugah baro nyan, dari cara pandang-nya beda, cara
dengarnya beda, cara pandang bunoe miseu:
Leumo, ketika leumo saboh kawan ta-me keunan, lheu nyan ta peudeh awak inggreh
sidroe, awak melayu sidroe dan awak aceh sidroe. Ta yue bileung ba inggreh, aci
bileung leumo nyan; di inggreh ji
kheun head to head, ta yue bileng bak
awak Indonesia, asai di beileung ekor per-ekor, ta yue bileung bak ureung aceh ka di bileung
boh keu boh, jadi yang sidroe eu ikoe,
ue ulee dan eu boh. Ha…ha…ha….suasana
beukah bak khem. beutoi…beutoi…nyan timpal joel kande., nah uniknya dimana itu?
Kelebihan dan kekurangnya, nah ini bukan ini melainkan bagaimana
perspektif/cara pandang dalam sebuah problema.
Kemudian cara dengar, sambung Ayah
Panton, nyoe yue dong bak seut lom. Yue jak ureung laen yu ba beude yue
teumimbak. Ketika ka diteumimbak tanyoeng bak inggreh; kau sudah denganr letusan senjata tadi? Sudah jawab
inggreh. Bagaimana kau dengar? Beng..beng..di
peugah. Ta tanyong bak awak
Indonesia, kah kiban sue ka deungoe?
Door..door. ka tanyong bak ureung Aceh?
Tum…tum.., jadi kenapa disatu laras satu letusan cara dengar berbeda? Nah ya
mana yang benar? Tum, miseu, meunyoe beutoi tum berarti yang 2 droe trek
munafek lanjut Ayah Panton. Paken
munafek? Definisi munafek laen
deungoe laen peugah, laen peugah laen puebuet, kan itu definisinya, tidak
sesuai dengan hati, pikirannya dan perbuatannya sambong Joel Kande. Dalam
definisi lainnya apabila berbicara berdusta, apabila berjanji mengingkari dan
apabila dipercaya berkhianat lanjut Dedy Kalee.
Menoe didengoe, meudeh dipeugah, Nyan kon ka meukleh geutanyoe. Oh..lheuh
nyan ta peugah cara penyelesaian. Kon
hanya ada dua. Begini dan begitu, ditanyoe
na meunoe na meudeh, meunyoe hanjeut, tanyoe mantong jeut. Misal; dikah jeut ka jak keunan euntrek, tapi troeh
keudeh bek meudeh meunoe, jadi ada pesan. Boleh dia datang jangan begini
begitu artinya boleh datang tetapi bersyarat. Rupanya tidak boleh begini begitu
bagaimana juga? Digobnyan hanjeut meudeh hanjeut
meunoe na meunan lanjut ayah panton. Jadi meunan nyoelah kelebihan dari pada bangsa nyoe. Oo…nyan bahasa, Bahasa
menunjukkan bangsa. Ketika bahasanya tinggi maka terjadi sebuah peradaban tua
pada bangsa tersebut. Tidak boleh tidak. Jadi cara ta artikan meunan kiban Ayah,
tanyaku? Hana jawab ayah, panee na begana. Kalau tidak begini ya
begitu, kalau tidak bisa bigini begitu, ya..habis sambung ayah Joel Kande.
Ha..ha…ha….ka keuh meunan.
Meunan ini seperti apa Ayah tanya Joel Kande? Apa bisa diartikan meunan itu diam saja menerima keadaan
dengan kondisi apapun? Kiban nyan
ayah? Arti jih nyoe keuh nyoe yang
harus tapahami bak ureung-ureung Aceh.
Atau solusi, meunan nyoe Ayah tanyaku?
Solusi tapi ada bentuk. Arti bentuk meunoe;
mieseu ie jok. Ie jok phet / ie jok masam,
ie jok mameh,. Ie jok mameh
halal, ie jok masam hareum, untuk
menghalalkannya Tanya Ayah Panton bagaimana? Kami sesaat terdiam memutar otak
berfikir, minum saja yang manis timpalku. Bukan tapi endapkan maka ia menjadi
cuka jawab Ayah Panton, dan cuka halal. O..o..o…meunan Ayah. Contoh lainnya tutu/titi/jembatan
Bak u sibak. Nyan kon watee tajak bunoe bak u sibak, bunoe jep ie jok, kon ka mumang, ban mumang deuh bak u ka-2, bagaimana mau ambil kesimpulan? Yang
kiri asli atau yang kanan? Kon masalah
nyoe! Penyelesaiannya adalah jep lom.
Keupue? Nyak deuh lhee. Ha..ha…leubeh
mumang lom. Jak laju bak teungoh, pasti
asli yang di tengah. Mana mungkin bayangan pohon ada di tengah. Ha…ha..ha…. sambil
tertawa terpingkal-pingkal. Nyan ulok Ayah…kon…nyoe
jak dalam keadaan harus jeut woe. Yang jelas bayangan itu tidak mungkin ke
tengah, dia selalu ada di samping. Sehingga tanyoe
jinoe masuk pada pelajaran fisika yang lebih dalam sambung ayah panton;
orang mengatakan bahwasanya gelap itu gak ada.
Menurut droe nyoe keuh nyoe gelap itu tidak ada Tanya Ayah Panton kepada Joel
Kande, gelap ada jawab joel kande. Tidak ada balas Ayah Panton, yang ada di situ
tidak ada cahaya lanjut ayah. Nah..namanya gelap sambung Joel, bukan balas Ayah,
karena kalau cahaya, kita bisa ukur, berapa kecepatan cahaya, berapa besarnya
cahaya dengan watt, berapa besanya daya, jadi kemudian ta-eu trek bak gelap, ada kecepatan gelap? Ha..ha…ha…ada ukuran
pekatnya gelap? Kalo gak ada berarti dia tidak bisa diukur. Di dalam warna ada Ayah
timpalku, warna hitam. Kita bisa atur intensitas warnanya hingga ia bisa menjadi
putih. Ia..sambung Ayah tapi kan bukan gelap lagi. Itu hitam bukan gelap. Hitam
dan gelap kan lain, karena kalau hitam diberi cahaya tetap hitam lanjut Ayah Panton. Pilihan juga
begitu di Aceh, pilihan ada 2. Ini dan itu, diawak
nyan hanjeut ini hanjeut itu hanjeut le. Ini nyoe itu jeh. Tanyoe
hanjeut ini hanjeut itu na nyan saboh teuk.
Cara melihat sesuatu berbeda,
cara mendengar berbeda, cara berfikir/pandang/perspektif juga berbeda. Nyan kon jinoe, troh jalan keluar ka tajak mita bak Jakarta. Pane na solusi meukeudroe pih tan.
Jangankan mau kasih untuk kita, untuk dia aja gak ada. Contoh; yang naik
kemana, atas, turun, ke bawah, masuk, kedalam, keluar ho..? nyan keuh hana meuho. Ureung
Aceh ek u ateuh, tren u yub, tamong u dalam, teubit u lua. Jelas. Jadi
ketika jalan keluar na bak droe keupeu
mita bak gob.
Boh ka Ayah jadi kesimpulan kupi diskusi tanyoe pue? Tanyaku pada Ayah Panton. Kesimpulan jih, nyoe bangsa, bangsa yang asing saboh nyoe di Nusantara.
Ini adalah sebuah bangsa yang memegang kunci rahasia pada akhir zaman, dan ini
(Aceh) adalah bangsa yang dianggap pernah hilang. Demikian kopi diskusi kami
bersama Ayah Panton, semoga menginspirasi. ***dedykalee