Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh telah resmi beroperasi dengan dibukanya Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2...
Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI) Aceh telah resmi beroperasi dengan dibukanya Pendaftaran Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2014/2015 oleh Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang yang merupakan kampus penerima tugas Penyelenggaraan Program Studi di luar Domisili.
Adapun calon mahasiswa dan mahasiswi yang akan diterima pada tahun pertama berdirinya ISBI Aceh yang terletak di Kota Jantho ini adalah sebanyak 100 orang, yang berasal dari siswa SMA/SMK/MA se-Indonesia.
Pendaftaran yang dimulai pada tanggal 21 juli s.d 29 Agustus 2014 dilakukan di sekretariat panitia penerima mahasiswa baru ISBI Aceh pada Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar up. Bidang Pendidikan Menengah.
Pelaksanaan program pendidikan akan dilaksakan di kampus II ISI Padangpanjang yang beralamat di jalan Nuri Jantho Makmur No. 58 Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar, Kode Pos 23918, Telp. (0651) 92022, Fax. (0651) 92023.
Di bawah ini adalah beberapa informasi penting dalam brosur yang diperoleh acehmediart.com.
Jadwal penerimaan mahasiswa baru:
- Pendaftaran (25 Juni-2 Agustus)
- Tes Kemampuan Dasar (TKD) 7 Agustus 2014
- Tes Kemampuan Bidang (TKB) 8-9 Agustus)
- Pengumuman lulus (16 Agustus)
- Registrasi (27-29 Agustus 2014)
- Kuliah perdana 1 September 2014
Materi Tes:
1. Bahasa Indonesia
2. Bahasa Inggris
3. Pengetahuan Umum
4. Pengetahuan Kesenian
Materi Tes Kemampuan Bakat:
1. Tes praktek seni sesuai program studi
2. Wawancara kompetensi
Biaya Pendidikan:
Berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 55 tahun 2013 tentang Biaya Kuliah Tunggal dan Uang Kuliah Tunggal, biaya pendidikan program studi di luar domisili institut seni indonesia padangpanjang dibagi menjadi (3) kategori yang penetapannya diatur berdasarkan dokumen pendaftaran calon mahasiswa sebagai berikut:
- Kelompok I sebesar Rp. 500.000 dengan alokasi 5% dari total penerimaan mahasiswa
- Kelompok II sebesar Rp. 750.000 dengan alokasi 80% dari total penerimaan mahasiswa
- Kelompok III sebesar Rp. 1250.000 dengan alokasi 15% dari total total penerimaan mahasiswa
Dasar-dasar Penetapan Biaya Pendidikan:
1. fotocopy Slip Gaji bagi orang tua yang bekerja sebagai PNS atau pegawai BUMN sebanyak 1 lembar
2. Surat keterangan penghasilan dari Kelurahan bagi orang tua yang bekerja sebagai wiraswasta sebanyak 1 (satu) lembar.
3. Fotocopy Kartu Keluarga 1 (satu) lembar.
4. Hasil Wawancara.
Adapun seleksi penerimaan mahasiswa baru Tahun Akademik 2014/2015 dilaksanakan melalui seleksi mandiri.
SYARAT PENDAFTARAN:
1. Siswa SMA/SMK/MA
2. Fotokopi ijazah/surat keterangan lulus yang telah dilegalisir sebanyak 1 (satu) lembar.
3. fotocopy Slip Gaji bagi orang tua yang bekerja sebagai PNS atau pegawai BUMN sebanyak 1 (satu) lembar.
4. Surat keterangan penghasilan dari Kelurahan bagi orang tua yang bekerja sebagai wiraswasta sebanyak 1 (satu) lembar.
5. Fotocopy Kartu Keluarga 1 (satu) lembar.
6. Fasfoto berwarna terbaru ukuran 3x4, 3 lembar latar biru untuk laki-laki dan latar merah untuk perempuan.
7. Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada laman: www.pdd.isi-padangpanjang.ac.id atau di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar.
Program Studi:
Adapun terdapat 5 program studi yang dilaksanakan berada di bawah Fakultas Seni Pertunjukan dan Seni Rupa. Program studi tersebut sebagai berikut:
1. Program Studi Musik Nusantara
2. Program Studi Seni Tari
3. Program Studi Seni Teater
4. Program Studi Seni Kriya
5. Program Studi Seni Murni
